Jamur Tiram 2 Rumpun

JAMUR TIRAM 2 RUMPUN

jamur tiram 2 rumpun by.AJN

Berbicara mengenai buah jamur tiram ada satu hal yang saya ingat saat ada tamu datang kerumah mau konsultasi tentang budidaya jamur tiram. Kalo ndak salah pertanyaannya seperti ini, Mas azis bisa ndak kalo jamur tiram itu dibuat sekali aja panennya sekali 4 ons? biar kita cepet untung. Sambil tersenyum saya menjawabnya BISA MAS....

Tambah bersemangat dia bertanya lagi,caranya gimana mas? ya berat/ukuran baglognya aja mas yang dibesarin buat dengan ukuran 4 kg....

Yang jadi masalah bukannya tidak bisa membuat baglog sebesar itu tetapi apakah sterilisator kita mampu untuk mensterilkan baglog sebesar itu.

Lalu beberapa saat kemudian saya kasih saran ke tamu saya. Mas dalam budidaya jamur itu jangan berprinsip harus buah besar dan untung cepat. Tapi pahami dahulu prosesnya step by step baru kemudian dipahami siklusnya. Untuk awal yang penting baglog yang kita buat bisa berbuah aman dari kontaminasi sehingga biaya dan tenaga kita tidak sia-sia.

Dan endingnya saya kasih lihat salah satu foto salah satu baglog saya yang berbuah 2 rumpun, dia yang gantian senyum sambil manggut-manggut.  

Yang berbuah 2 rumpun ya tidak semua mas.....





0 Response to "Jamur Tiram 2 Rumpun"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel